Pengertian, Manfaat dan Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan sebuah asuransi yang dapat digunakan untuk menjamin ketika dalam keadaan yang darurat teruatama saat sedang sakit atau mengalami sebuah kecelakaan. Asuransi dijadikan sebagai cara tepat yang dapat meminimalkan resiko yang dapat timbul karena sebuah hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan sebuah asuransi kesehatan, anda bisa bisa dengan tenaanag dalam menjalani aktifitas. Premi pembayaran asuransi juga tergolong sangat mudah dan tidak memberatkan anda. dalam proses pembayaran premi anda bisa melakukan pembayaran secara sedikit demi sedikit agar tidak membebani anda. proses pembayaran premi dapat dilakukan dalam satu bulan sekali dengan batas waktu yang sudah setujui dan ditetapkan sebelumnya. asuransi kesehatan dapat membiayai proses perawatan dan membayar semua biaya yang diperlukan saat anda berada dirumah sakit. Adapun beberapa manfaat asuransi sebagai jaminan kesehatan diantaranya

  • Membiayai biaya rawat inap
  • Biaya operasi
  • Santunan kematian

1. Membiayai biaya rawat inap

Asuransi kesehatan dapat membiayai segala biaya yang diperlukan saat anda sedang menjalani sebuah perawatan didalam rumah sakit. Asuraransi kesehatan akan menanggung semua biaya dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Terutama pada saat anda sedang dirawat inap dan harus tinggal beberapa waktu di rumah sakit, pasti dalam hal itu biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Jika anda menggunakan asuransi kesehatan, anda tidak perlu membayar biaya perawatan dan hal itu dapat mengurangi pengeluaran anda.

2. Biaya operasi

Jika anda harus menjalani operasi karena sebuah penyakit, anda tidak perlu khawatir karena semua biaya operasi akan ditanggung oleh asuransi dan anda tidak perlu untuk mengeluarkan banyak dana. Karena pada dasarnya semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

3. Santunan kematian

Santunan kematian akan diberikan pihak asuransi kepada keluara yang ditinggalkan, santunna diberikan agar keluarga yang ditinggalkan masi bisa melanjutkan hidup.

Dalam sebuah asuransi kesehatan terdapat beberapa jenis asuransi, semua jenis asuransi kesehatan hampir mempunyai tujuan yang sama, akan tetapi dalam perbedaan asuransi terletak pada badan atau lembaga yang menyelenggarakan asuransi. Adaoun beberapa jenis asuransi kesehatan yang perlu diketahui diantaranya.

  • Asuransi personal
  • Asuransi kelompok
  • Asuransi swasta
  • Asuransi pemerintahan

1. Asuransi personal

Dalam asuransi personal merupakan sebuah jenis asuransi yang hanya menuju pada perorangan atau dalam jumlah satu orang. Asuransi personal juga seringkali disebut sebagai jenis asuransi individu atau jenis asuransi yang hanya terikat pada satu orang yang terdaftar dan tidak boleh menggunakan asuransi untuk orang lain.

2. Asuransi kelompok

Jenis asuransi kelompok sangat berbeda jika dibandingkan dengan asurasni personal, asuransi kelompok merupaakan sebuah asuransi yang mencakup kelompok seperti sebuah asuransi kesehatan yang dapat digunakan untuk satu keluarga. Asuransi kelompok dapat digunakan semua anggota keluarga dengan memperoleh perlindungan dan jaminan kesehatan yang sama dari pihak asuransi.

3. Asuransi swasta

Asuransi swasta merupakan sebuah asuransi kesehatan yang dijalnkan oleh badan atau lembaga swasta. Dalam asuransi swasta premi yang dibayarkan harus dalam jumlah penuh, sebagian besar masyarakat menganggap asuransi swasta menjadi salah satu asuransi yang mahal. Namun, perlu diketahui jumlah besar kecilnya premi akan berdamapak pada apasaja dengan jumlah polis yang akan dipilih.

4. Asuransi pemerintah

Asuransi pemerinyah adalah sebuah asuransi kesehatan yang diselenggarakan pemerintah dalam menjamin kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, asuransi pemerintah berjalan atas persetujuan presiden. Jenis asuransi yang dikelola pemerintah adalah BPJS kesehatan. Bpjs kesehatan merupakan semua jaminan kesehatan yang bertanggung jawab langsung kepada presiden untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan pada seluruh rakyat Indonesia.